Thursday 1 January 2015

Kemenangan yang sesungguhnya

..Tidak harus menang untuk membuktikan sebuah kemenangan. Kalah bukan berarti dia tidak menang. Diam bukan pula karena dia tak mampu berkata karena sesungguhnya yang lebih berat adalah menahan setiap perkataan. Berkata mungkin lebih mudah. Menyangkal mungkin jauh lebih mudah. Membalas kata dengan kata mungkin mudah. Membalas hinaan dengan lebih banyak hinaan jauh lebih mudah. Yang lebih sulit mungkin menahan perkataan agar tidak menyakitkan. Yang lebih sulit adalah bila ada kata yang menyakitkan tapi kata yang keluar dari lisan tetap memberi kedamaian. Minimal adalah diam jika kita
tak dapat berbicara yang tidak menimbulkan luka jua. Mungkin memang kalah disaat dihina. Tapi bukan kalah yang sebenarnya. Karena sesungguhnya diam jauh lebih sulit dan mulia disisi Tuhan. Daripada sakit dibalas dengan menyakiti. Lalu apa bedanya kita??
Kemenangan yang sesungguhnya adalah yang paling mulia di sisiNya. Dan memberi senyuman jauh lebih mulia daripada membalas bualan dengan bualan yang menyebalkan pula..

No comments: