Thursday 9 April 2015

Nilai UN bukan hal yang terpenting.

..Sebenarnya saya tidak terlalu suka dengan berlomba-lomba mendapatkan nilai UN tertinggi. (Mungkin karena saya tak terlalu pandai xxi) Saya setuju jika kita harus melakukan yang terbaik. Saya sependapat dengan Anda jika kita harus berusaha semaksimal mungkin. Tapi saya sangat menyayangkan jika harus menghalalkan segala cara. Memang benar banyak jalan menuju roma. Tapi jangan lupa kejujuran adalah hal yang utama. Indonesia sudah banyak orang pintar. Sana-sini banyak orang pandai. Entah pandai dalam hal apa. Tapi Indonesia krisis akan orang jujur. Jujurr...suatu hal sederhana, simpel, tapi cukup menjebak iman. Buat apa nilai UN bagus...tapi bukan karena kejujuran. Ada yang lebih penting dari nilai yaitu sebuah proses. Bagaimana kita bisa mendapatkan nilai itu? Menurut saya nilai adalah bonus. Tapi bukan nilai akhir dari sebuah perjuangan. Kalau hanya nilai dijadikan hasil akhir sangat percuma. Sikap dan mental yang paling utama. Di manakah Indonesia akan dibawa? Tinggal bagaimana generasi muda Indonesia.

No comments: