Monday 17 April 2017

BACAAN PECINTA(LOVE IN ISLAM)



Saya mulai menulis artikel lagi setelah beberapa waktu agak males untuk mencoret-coret di atas kertas putih, hehe. Kali ini saya akan membahas mengenai CINTA, ha Cinta??? Buat para jomblo santai saja ya, jangan anda langsung mengerutkan dahi dan menjadi baper gara-gara mendengar kata cinta. Saya juga berharap para jomblo juga tidak langsung alergi ya ketika bahasan kali ini mengenai cinta. Hehe Dan buat yang mengaku adalah seorang pecinta, coba disimak dulu bahasan saya dibawah apakah benar anda adalah seorang pecinta sejati???

Ajaran cinta kasih bukan hanya diajarkan dalam agama Kristen saja, melainkan dalam Islam juga mengajarkan cinta kasih. Cinta atau Mahabbah adalah sebuah perasaan yang timbul dalam hati dan tidak dapat diungkapkan atau didefinisikan dengan kata-kata. Benda mati tidak memiliki rasa cinta, karena rasa cinta  spesial Tuhan anugerahkan untuk makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran saja. Cinta tidak dapat terjadi begitu saja, jika sesuatu atau seseorang telah diketahui jelas oleh manusia dan menimbulkan sebuah kenikamtan dan kebahagiaan bagi dirinya, maka akhirnya akan timbul rasa cinta. Dan jika sesuatu atau seseorang menimbulkan penderitaan atau kesengsaraan maka tentu saja akan menimbulkan sebuah kebencian pada diri manusia.
Secara terminologis sebagaimana dikatakan oleh Imam Al-Ghazali, cinta adalah kecenderungan kepada sesuatu yang memberikan manfaat. Apabila kecenderungan itu mendalam dan menguat maka dinamakan kerinduan. Dan benci adalah hal yang sebaliknya, yaitu menghindari sesuatu hal yang menyakiti. Dan apabila kecenderungan untuk menghindari itu mendalam dan menguat , maka itu dinamakan dendam.
Perlu kita telaah kembali pernyataan oleh Imam Al-Ghazali tersebut mengenai cinta, apa benar yang kita sebut-sebut sebagai cinta  selama ini ternyata adalah bukan cinta. Apa yang kita sebut dengan cinta selama ini adalah benar-benar cinta yang telah memberikan manfaat?atau justru yang kita atas namakan cinta selama ini hanyalah nafsu yang tersamar dalam cinta dan kerinduan?
Kita korek lagi mengenai apa sebenarnya cinta, cinta menurut Abu Yazid Al-Busthami mengatakan bahwa cinta adalah menganggap sedikit milikmu yang sedikit dan menganggap banyak milik Dzat yang kau cintai. Sementara Sahl bin Abdullah al-Tustari menyatakan bahwa cinta adalah melakukan tindak-tanduk ketaatan dan menghindari tindak-tanduk kedurhakaan.
So, jika kita ingin menjadi seorang pecinta sejati kita hendaknya menyandarkan cinta kepada Allah SWT. Mencintailah sesuatu hal karena Allah, dan mencintai seseorang yang dicintai Allah maka kita akan medapat cintaNya.
Kita sebagai generasi muda yang kece, seharusnya mengerti apa hakikat cinta tersebut. Jangan pernah salah lagi menamakan antara cinta atau nafsu, karena sangatlah jauh perbedaan antara keduanya. Kita sebagai generasi muslim yang keren, jangan ngaku keren kalau masih menganggap bahwa  cinta hanyalah milik mereka pasangan muda-mudi yang kesana-kemari tanpa ada ikatan yang jelas. Justru itu adalah sesuatu hal yang harus dipertanyakan? Ok. Jadi selamat untuk para jomblo-jomblo di luar sana, heheJ setidaknya anda tidak melakukan hal yang sia-sia dalam hidup anda karena status ‘pacaran”.
Islam its beautiful bro, sis. . .so, Tuhan telah mengatur segalanya dalam Al-Quran. Bahkan hal-hal kecil seperti memotong kuku juga diatur begitu rapi dan jelas oleh Tuhan, apalagi masalah hati dan perasaan bro seperti cinta. Hahay.... Jelas Allah SWT telah mengatur dengan jelas mengenai masalah cinta ini. Santai…santai.., buat para jomblo atau single saat ini jangan seperti manusia paling sengsara dan terkucilkan di atas bumi ini. Masih banyak di luar sana bro, sis yang senasib dengan anda. EEEits….anda harus bersyukur, karena dengan itu anda telah memilih jalan yang tepat dan insyaallah sesuai dengan syariat agama Islam. Jangan jadikan single atau kejombloan anda saat ini karena belum laku dan kesialan ya..hehe, tetapi menjadi jalan dan pilihan hidup  yang harus anda jalani hingga suatu hari nanti  akan benar-benar siap dan menemukan belahan jiwa anda. J Bye…Assalamualaikum wr.wb.

No comments: