Monday 17 April 2017

INDAHNYA KEBERAGAMAN



Assalamualaikum sob, semoga anda selalu dalam keberkahan dan keridhoan Tuhan. Dalam tulisan kali ini saya akan membahas mengenai “Keberagaman Nusantara”.
Kita memang hidup dalam negara dengan keanekaragaman suku dan budaya  sob. Dan ini fakta sob, its true story. Hhe. Bicara soal keberagaman Indonesia ini sob, serasa tiada akhirnya. Jangankan keberagaman kita se-Indonesia, antara daerah tempat tinggal saya saja sudah penuh dengan keberagaman budaya dan bahasa. Sesama bahasa Jawa saja memiliki banyak ciri logat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Subhanallah. . .
Kita hidup aman, damai, dan tenteram sob di sini. Bagi kami keberagaman tak menjadi masalah bagi kami, karena inilah Indonesia bagi kami. Kami belajar mengerti, menghargai, dan menghormati. Jangan terlalu memperjelas perbedaan antara kami sob, kami memang rdiri dari beranekaragam suku, budaya, agama, dan bahasa akan tetapi kita satu hati dan sejiwa, yap kami adalah Indonesia.
Saya tulen lahir beragama Islam, dan saya sadar bahwa saya adalah hidup di sebuah negara yang tidak 100% memeluk agama Islam, dan Indonesia bukanlah negara Islam. Mungkin mayoritas rakyat Indonesia memanglah memeluk agama Islam, akan tetapi jangan sampai kita salah mengartikan bahwa Indonesia adalah negara Islam. Dalam negara ini juga mengakui agama lain selain Islam, yaitu Budha, Kristen, Katholik, dan Hindu. Dan selain 5 agama tersebut, dianggap adalah sebuah aliran saja. Saya insyaallah adalah seorang muslim, akan tetapi saya tidak membenarkan bahwa semua orang di Indonesia haruslah memeluk agama yang saya peluk. Karena jika begitu, saya telah melanggar HAM orang lain. Negara ini adalah negara bebas berpendapat, begitupula dengan memilih agama apa yang akan anda peluk. Yang terpenting adalah jangan sampai anda melanggar Pancasila sila pertama yang berbunyi”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Sebagai warga negara Indonesia kita haruslah berketuhanan Yang Maha Esa, siapa Tuhan kita? Dan karena saya adalah seorang muslim, maka tuhan saya adalah Allah SWT.
Mayoritas warga negara Indonesia adalah memeluk agama Islam, ini sering di salah artikan seakan-akan kita hidup dalam negara Islam. Kita harus ingat sob, kita ini hidup di Indonesia, yang mengakui adanya 5 agama. So, kita sebagai umat muslim jangan seakan-akan kita menjadi Tuan bahkan berlagak seperti Tuhan, dan membawa hukum haram bagi mereka yang memeluk agama di luar agama Islam. Semua orang yang tinggal di Indonesia memiliki hak yang sama, entah mengakui dirinya muslim, prostetan, atau sebagainya. selain memiliki hak yang sama, semua warga Indonesia juga berhak mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sama di negerinya sendiri. Tidak lain dalam masalah politik, semua warga negara Indonesia juga mendapatkan kesempatan yang sama dalam hal berpolitik. Jadi, rasanya kok jadi aneh jika ada orang yang demo jangan memilih pemimpin yang bukan dari golonganmu. Maaf, ini kita tinggal di Indonesia sob.  .  .apapun agama kita, kita tinggal dalam bingkai Indonesia. Saya rasa, yang terpenting dalam memilih seorang pemimpin, karena kita tinggal di negara Indonesia. Jika setiap golongan agama kita mengharuskan yang menjadi pemimpin adalah dari golongannya, wah berantakan ini negara. Its not Indonesia. Jadi bukan lagi pertanyaan, apa agama anda, akan tetapi seberapa mampukah Ia memimpin sebuah negara, serta berani dan jujurkah dia? Walaupun pemimpin di hari esok bukanlah seorang muslim, no problem. . .yang terpenting beliau adalah orang yang memiliki jiwa-jiwa islamiah.
Jika anda adalah termasuk seseorang yang mengharuskan setiap pemimpin negara kita adalah seorang muslim, rupanya anda harus banyak belajar lagi mengenai Indonesia. Anda perlu belajar lagi mengapa dalam Pancasila sila pertama telah diganti menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa’ saja,  tanpa ada “syariat Islamnya” di sana?
Kita adalah Indonesia, dan dalam agama Islam bukankah agama kita adalah agama “rahmatun lil ‘alamin”? Agama kita adalah rahmat bagi seluruh alam. So, menghargai dan saling menghormati sesama manusia itu penting, apalagi sesama sebangsa dan setanah air. Tanah air kita Indonesia, bangsa kita satu, dan bahasa kita satu. Berbeda-beda kita satu jua. Ya kita tetap Indonesia.
Sekian sob tulisan saya mengenai Indonesia kita kali ini, mungkin ada yang ingin berpendapat atau ingin berkomentar. Silahkan saja sob, kita saling bagi-bagi ilmu dan informasi. Assalamualaikum.wr.wb. Bye.

No comments: